ROI dan ROAS merupakan metrik yang penting dan sering digunakan secara bergantian. Faktanya, keduanya berbeda dalam beberapa hal penting. ROI sebagai evaluasi strategi adalah pandangan makro dari kampanye iklan yang berkontribusi pada profitabilitas bisnis. ROAS mengevaluasi taktik dan pandangan close-up dari kinerja kampanye iklan. Jika digunakan bersama-sama, ROI dan ROAS memberikan kamu gambaran yang lebih lengkap tentang efektivitas dan profitabilitas kampanye iklan daripada yang bisa dilakukan oleh keduanya.
Mendefinisikan ROAS dan ROI
Laba atas belanja iklan (ROAS) adalah metrik yang digunakan untuk mengukur total pendapatan yang dihasilkan per dolar iklan yang dibelanjakan. Hal ini dihitung dengan membagi pendapatan kampanye dengan biaya kampanye.
BACA JUGA : Jasa SEO Makassar Profesional Goal Traffic Organic dan Konversi
Pengembalian investasi (ROI), seperti yang diterapkan pada iklan, adalah keuntungan yang dihasilkan oleh iklan relatif terhadap biaya iklan. Metrik ini mengukur bagaimana iklan berkontribusi pada laba brand bisnis.
Sementara ROAS mengukur pendapatan kotor yang dihasilkan untuk setiap dolar yang dibelanjakan untuk iklan, ROI memperhitungkan jumlah yang Anda peroleh setelah pengeluaran.
BACA JUGA : Tips Cara Membuat Landing Page Hasilkan Konversi
Bagaimana setiap metrik digunakan?
ROAS dan ROI digunakan untuk menceritakan berbagai bagian dari kisah efektivitas pemasaran. ROI membantu kita memahami apakah strategi secara keseluruhan berhasil dan apakah kampanye tersebut sepadan dengan investasi. Sebaliknya, ROAS berfokus lebih sempit pada efektivitas kampanye iklan secara terpisah. ROI memberi tahu kita apakah kampanye tersebut menguntungkan, sedangkan ROAS memberi tahu kita apakah iklan secara efektif menghasilkan klik, tayangan, dan pendapatan penjualan.
Sebagai contoh:
Jika perusahaan sepatu menghabiskan $10.000 untuk kampanye iklan Facebook yang menghasilkan pendapatan $50.000, ROAS dihitung sebagai: $50.000 ÷ $10.000 = $5, atau rasio 5:1. Metrik ini memungkinkan kita untuk membandingkan dan mengoptimalkan kinerja di seluruh kampanye dan platform.
Dengan asumsi perusahaan sepatu DTC memiliki margin 15%, ROI dihitung sebagai ((($50,000 x 15%) – $10,000) ÷ $10,000) x 100 = -25%.
Dengan melihat kedua metrik tersebut secara bersamaan, kita sekarang melihat gambaran yang lengkap. Meskipun ROAS 5:1 terlihat sangat bagus, sebenarnya menghasilkan ROI negatif karena margin yang sempit. Dengan margin 15%, kita akan membutuhkan ROAS 7:1 agar kampanye menjadi menguntungkan.
BACA JUGA : Investasi SEO: Pentingnya untuk Mengembangkan Bisnis Secara Organik
Apa cara terbaik untuk menganalisis kinerja kampanye secara keseluruhan?
ROI sangat bagus untuk memahami nilai bisnis keseluruhan dari sebuah kampanye, namun tidak memberi kita wawasan terperinci tentang kinerja kampanye. ROAS melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk itu, tetapi untuk mendapatkan gambaran yang lebih dimensional tentang kinerja kampanye secara keseluruhan, kita perlu melihat biaya untuk menghasilkan prospek pelanggan. Di sinilah cost per action (CPA) atau cost per lead (CPL) berperan. CPA dan CPL (yang merupakan jenis CPA yang digunakan untuk kampanye yang menghasilkan prospek) dihitung sebagai total biaya iklan dibagi dengan jumlah konversi.
CPA berguna untuk mengukur efektivitas kampanye yang berfokus pada konversi, tetapi mungkin tidak langsung menghasilkan penjualan. Ini juga berguna untuk menganalisis kampanye lintas platform.
Butuh bantuan untuk memulai?
Kami tahu betapa sulitnya untuk mulai mengoptimalkan kampanye iklan dan konversi Landing page. Konverzi dapat membantu. Kami menawarkan tiga paket berbeda untuk membantu menghilangkan stres dalam membangun, mengoptimalkan, dan mengonversi-membantu kamu membuat landing page yang lebih baik dan melihat hasil yang lebih baik.